Membuat Bangun Datar Menggunakan Aplikasi Turbo Pascal

Posted by Erixon Thursday, February 23, 2017 0 comments
Bagikan Artikel Ini :

Program Menghitung_Luas_dan_Keliling_Bangun_Datar;
uses crt;
Var
Pilih : Integer;
Procedure Persegi; {Mencari Luas dan Keliling Persegi}
Var
s, L, K : Real;
Begin
Writeln(' ');
Textcolor(LightRed);
Writeln(' --==::Menghitung Luas dan Keliling Persegi::==--');
Textcolor(LightGreen);
Writeln(' ');
Write('Masukkan sisi : ');Readln(s);
L := s*s;
K := 4*s;
Writeln('Luas : ', L:0:0);
Writeln('Keliling : ', K:0:0);
Writeln(' ');
Textcolor(LightRed);
Writeln(' CopyLeft@2008 Teatzo_system.corp (TS.corp) ');
Readln;
end;
Procedure PersegiPanjang; {Mencari Luas dan Keliling Persegi Panjang}
Var
p, lbr, L, K : Real;
Begin
Writeln(' ');
Textcolor(LightRed);
Writeln(' --==::Menghitung Luas dan Keliling Persegi Panjang::==--');
Textcolor(LightGreen);
Writeln(' ');
Write('Masukkan panjang : ');Readln(p);
Write('Masukkan lebar : ');Readln(lbr);
L := p*lbr;
K := 2*(p+lbr);
Writeln('Luas : ', L:0:0);
Writeln('Keliling : ', K:0:0);
Writeln(' ');
Textcolor(LightRed);
Writeln(' CopyLeft@2008 Teatzo_system.corp (TS.corp) ');
Readln;
end;
Procedure Segitiga; {Mencari Luas dan Keliling Segitiga}
Var
a, t, sm, L, K : Real;
Begin
Writeln(' ');
Textcolor(LightRed);
Writeln(' --==::Menghitung Luas dan Keliling Segitiga Siku-Siku::==--');
Textcolor(LightGreen);
Writeln(' ');
Write('Masukkan alas : ');Readln(a);
Write('Masukkan tinggi : ');Readln(t);
L:= 0.5*a*t;
sm:= sqrt(sqr(a)+sqr(t));
K:= a+t+sm;
Writeln('Luas : ', L:0:2);
Writeln('Keliling : ', K:0:2);
Writeln(' ');
Textcolor(LightRed);
Writeln(' CopyLeft@2008 Teatzo_system.corp (TS.corp) ');
Readln;
end;
Procedure Lingkaran; {Mencari Luas dan Keliling Lingkaran}
Var
r, L, K : Real;
Begin
Writeln(' ');
Textcolor(LightRed);
Writeln(' --==::Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran::==--');
Textcolor(LightGreen);
Writeln(' ');
Write('Masukan jari-jari : ');Readln(r);
L:= 22/7*(sqr(r));
K:= 2*22/7*r;
Writeln('Luas : ', L:0:2);
Writeln('Keliling : ', K:0:2);
Writeln(' ');
Textcolor(12);
Writeln(' CopyLeft@2008 Teatzo_system.corp (TS.corp) ');
Readln;
end;
Procedure Kubus; {Mencari Volume dan Luas permukaan Kubus}
Var
s, V, Lp : Real;
Begin
Writeln(' ');
Textcolor(LightRed);
Writeln(' --==::Menghitung Volume dan Luas permukaan Kubus::==--');
Textcolor(LightGreen);
Writeln(' ');
Write('Masukan sisi : ');Readln(s);
V:= s*s*s;
Lp:= 6*s*s;
Writeln('Volume : ', V:0:0);
Writeln('Luas Permukaan : ', Lp:0:0);
Writeln(' ');
Textcolor(LightRed);
Writeln(' CopyLeft@2008 Teatzo_system.corp (TS.corp) ');
Readln;
end;
Procedure Balok; {Mencari Volume dan Luas permukaan Balok}
Var
p, l, t, V, Lp : Real;
Begin
Writeln(' ');
Textcolor(LightRed);
Writeln(' --==::Menghitung Volume dan Luas Permukaan Balok::==--');
Textcolor(LightGreen);
Writeln(' ');
Write('Masukan panjang : ');Readln(p);
Write('Masukan lebar : ');Readln(l);
Write('Masukan tinggi : ');Readln(t);
V:= p*l*t;
Lp:= 2*p*l+2*p*t+2*l*t;
Writeln('Volume : ', V:0:0);
Writeln('Luas Permukaan : ', Lp:0:0);
Writeln(' ');
Textcolor(LightRed);
Writeln(' CopyLeft@2008 Teatzo_system.corp (TS.corp) ');
Readln;
end;
Procedure Latihan1;
var
a, b, c, d, e : Real;
f, g, h, i : Integer;
Begin
Writeln(' ');
Textcolor(LightRed);
Writeln(' --==::Mengerjakan Soal-Soal Mengenai Bangun Datar::==--');
Textcolor(LightGreen);
Writeln(' ');
Writeln(' ');
Writeln(' 1. Diketahui sebuah Persegi Mempunyai Panjang sisi 5');
Writeln(' Berapakah Luas Dan Kelilingnya..?');
Writeln(' ');
Write('Luas : ');Readln(a);
Write('Keliling : ');Readln(b);
Textcolor(LightRed);
if a*b/2+5=255
then write('Bagus, Lanjutkan Ke soal Berikutnya ')
else write('Maaf, anda salah, lebih teliti lagi di soal berikutnya ! ');
Readln;
Textcolor(LightGreen);
Writeln(' ');
Writeln(' 2. Diketahui sebuah Lingkaran Mempunyai Jari-jari 7');
Writeln(' Berapakah Luas Dan Kelilingnya..?');
Write('Luas : ');Readln(c);
Write('Keliling : ');Readln(d);
Textcolor(LightRed);
if c+d=198
then write('SELAMAT')
else write('Maaf Coba Lagi Yah.!');
Writeln(' ');
Writeln(' ');
Textcolor(LightRed);
Writeln(' CopyLeft@2008 Teatzo_system.corp (TS.corp) ');

Readln;
end;
Procedure Credits;
Begin
Writeln(' ');
Writeln(' ');
Writeln(' ');
Writeln(' ');
Textcolor(LightCyan);
Writeln('***************************************** ****************************** ');
Textcolor(LightGreen);
Writeln(' ');
Writeln(' Cah SMANSA Community ');
Writeln(' Simbah Google ');
Writeln(' Komputer Bokap Gue ');
Writeln(' ');
Textcolor(LightCyan);
Writeln('***************************************** ****************************** ');
Writeln(' ');
Textcolor(LightRed);
Writeln(' CopyLeft@2008 Teatzo_system.corp (TS.corp) ');
Readln;
end;
Procedure BangunDatar;
Begin {Sub Program}
repeat
clrscr;
Textcolor(LightCyan);
Writeln('***************************************** **************************** ');
Textcolor(LightRed);
Writeln(' ---==::BANDIT CYBER PINGIN TOBAT::==--- ');
Textcolor(LightCyan);
Writeln('***************************************** **************************** ');
Textcolor(Yellow);
writeln(' ');
Writeln('<<<<<<< Cara Cepat Menghitung Luas dan Keliling Bangun Datar >>>>>>>) ');
Writeln(' <<<<< Lebih Cepat daripada Menggunakan Jari tangan anda >>>>) ');
writeln(' ');
Textcolor(LightCyan);
writeln('--------------------------------------------------------------------- ');
Textcolor(LightRed);
writeln(' = Provided by Teatzo = ');
Textcolor(LightCyan);
writeln('--------------------------------------------------------------------- ');
Textcolor(Yellow);
Writeln(' Pilihan : ');
Textcolor(LightGreen);
Writeln(' 1. Menghitung Luas dan Keliling Persegi ');
Writeln(' 2. Menghitung Luas dan Keliling Persegi Panjang ');
Writeln(' 3. Menghitung Luas dan Keliling Segitiga siku-siku ');
Writeln(' 4. Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran ');
Writeln(' 5. Keluar ');
Textcolor(Yellow);
Write(' Pilih Angka untuk memilih pilihan : ');
Readln(pilih);
case pilih of
1 : Persegi;
2 : PersegiPanjang;
3 : Segitiga;
4 : Lingkaran;
5 : exit;
end;
until pilih = 5;
end;
Procedure BangunRuang;
Begin {Sub Program}
repeat
clrscr;
Textcolor(LightCyan);
Writeln('***************************************** **************************** ');
Textcolor(LightRed);
Writeln(' ---==::BANDIT CYBER PINGIN TOBAT::==--- ');
Textcolor(LightCyan);
Writeln('***************************************** **************************** ');
Textcolor(Yellow);
writeln(' ');
Writeln('<<<< Cara Cepat Menghitung Volume dan Luas Permukaan Bangun Ruang >>>)');
Writeln(' <<<<< Lebih Cepat daripada Menggunakan Jari tangan anda >>>>) ');
writeln(' ');
Textcolor(LightCyan);
writeln('--------------------------------------------------------------------- ');
Textcolor(LightRed);
writeln(' = Provided by Teatzo = ');
Textcolor(LightCyan);
writeln('--------------------------------------------------------------------- ');
Textcolor(Yellow);
Writeln(' Pilihan : ');
Textcolor(LightGreen);
Writeln(' 1. Menghitung Volume dan Luas Permukaan Kubus ');
Writeln(' 2. Menghitung Volume dan Luas Permukaan Balok ');
Writeln(' 3. Keluar ');
Textcolor(Yellow);
Write(' Pilih Angka untuk memilih pilihan : ');
Readln(pilih);
case pilih of
1 : Kubus;
2 : Balok;
3 : exit;
end;
until pilih = 3;
end;
Procedure Latihan;
Begin {Sub Program}
repeat
clrscr;
Textcolor(LightCyan);
Writeln('***************************************** **************************** ');
Textcolor(LightRed);
Writeln(' ---==::BANDIT CYBER PINGIN TOBAT::==--- ');
Textcolor(LightCyan);
Writeln('***************************************** **************************** ');
Textcolor(Yellow);
writeln(' ');
Writeln(' <<<< Contoh Soal-Soal Latihan Yang Sangat Mudah >>>)');
Writeln(' <<<<< Kalau gak Bisa Menjawab, lebih baik Sekolah SD dulu >>>>) ');
writeln(' ');
Textcolor(LightCyan);
writeln('--------------------------------------------------------------------- ');
Textcolor(LightRed);
writeln(' = Provided by Teatzo = ');
Textcolor(LightCyan);
writeln('--------------------------------------------------------------------- ');
Textcolor(Yellow);
Writeln(' Pilihan : ');
Textcolor(LightGreen);
Writeln(' 1. Soal-soal Menghitung Luas dan Keliling Bangun datar ');
Writeln(' 2. Keluar ');
Textcolor(Yellow);
Write(' Pilih Angka untuk memilih pilihan : ');
Readln(pilih);
case pilih of
1 : Latihan1;
2 : exit;
end;
until pilih = 2;
end;

Begin {Main Program}
repeat
clrscr;
textcolor(LightCyan);
Writeln('***************************************** **************************** ');
Textcolor(LightRed);
Writeln(' ---==::BANDIT CYBER PINGIN TOBAT::==--- ');
Textcolor(LightCyan);
Writeln('***************************************** **************************** ');
Textcolor(Yellow);
writeln(' ');
Writeln(' <<<<<<< Cara Cepat Mengerjakan Soal-Soal Matematika >>>>>>) ');
Writeln(' <<<<< disertai contoh soal dan pembahasan >>>>) ');
writeln(' ');
Textcolor(LightCyan);
writeln('--------------------------------------------------------------------- ');
Textcolor(LightRed);
writeln(' = Provided by Teatzo = ');
Textcolor(LightCyan);
writeln('--------------------------------------------------------------------- ');
Textcolor(Yellow);
Writeln(' Pilihan : ');
Textcolor(LightGreen);
Writeln(' 1. Mengerjakan Soal-Soal Mengenai Bangun Datar ');
Writeln(' 2. Mengerjakan Soal-Soal Mengenai Bangun Ruang ');
Writeln(' 3. Mengerjakan Latihan-latihan ');
Writeln(' 4. Credits ');
Writeln(' 5. Keluar ');
Textcolor(Yellow);
Write(' Pilih Angka untuk memilih pilihan : ');
Readln(pilih);
case pilih of
1 : BangunDatar;
2 : BangunRuang;
3 : Latihan;
4 : Credits;
5 : exit;
end;
until pilih = 5;
End.

Silahkan Dicoba

Sumber : https://amaluddin15.blogspot.co.id/2013/02/bangun-datar-dengan-menggunakan-turbo.html

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN Sobat
Judul: Membuat Bangun Datar Menggunakan Aplikasi Turbo Pascal
Ditulis oleh Erixon
Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tekinfotika.blogspot.com/2017/02/membuat-bangun-datar-menggunakan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment