Berkenalan dengan Elemen Dasar Dalam C++

Posted by Erixon Friday, February 24, 2017 0 comments
Bagikan Artikel Ini :

1. Pengenal (Identifier)
Pengenal merupakan nama yang akan digunakan dalam pemrogrman yang biasa digunakan untuk menyatakan variabel, konstanta, tipe data, fungsi, label, obyek serta hal-hal lain yang dibuat oleh pemrogram.
Suatu pengenal merupakan kombinasi dari huruf, angka dan garis bawah (_). Penamaan pengenal harus berawalan dengan huruf atau garis bawah dan menggunakan kata yang mudah dipahami dan dapat mewakili fungsi dari pengenal yang dibuat. Pengenal dalam C++ bersifat sensitive case atau dibedakan antara huruf kecil dan huruf besar. Misalkan pengenal gajipokok, GajiPokok, GAJIPOKOK, merupakan tiga buah pengenal yang berbeda.

2. Tipe Data Dalam C++
Mengenai tipe data, Anda bisa baca selengkapnya di sini :

include <iostream.h>  
#include <conio.h>
/*Program yang mengandung tipe data dalam c++ */
void main()
{
clrscr();
char huruf;
huruf = 'B';
cout<<"Isi huruf bertipe char = "<<huruf<<'\n';  
int angka;
angka = 123;
cout<<"Isi angka bertipe int = "<<angka<<'\n';
long jumlah; jumlah = 12345678;
cout<<"Isi jumlah bertipe long = "<<jumlah<<'\n';
float nilai;
nilai = 234.543;
cout<<"Isi nilai bertipe float = "<<nilai<<'\n';
double cacah;
cacah = 3453.345;
cout<<"Isi cacah bertipe double = "<<cacah<<'\n';
long double total;
total = 23456.3945;
cout<<"Isi total bertipe long double = "<<total<<'\n';
getch();
}

Hasil Seleksi :



3. Variabel dan Konstanta
    Dalam proses pemrograman tipe data biasa digunakan untuk mendefinisikan suatu variabel atau konstanta. Variabel adalah suatu memori yang dialokasikan dengan nama tertentu dan hanya bisa menampung data sesuai dengan tipe yang ditentukan. Sifat dari variabel adalah nilai yang dikandung akan mudah diubah sesuai dengan proses yang terjadi seperti contoh dibawah ini. Sedangkan konstanta adalah suatu memori yang dialokasikan dengan nama tertentu yang berisi suatu nilai yang memiliki sifat tetap yang tidak akan bisa berubah.
Sebelum variabel digunakan maka variabel tersebut harus didefinisikan terlebih dahulu. Pendefinisian variabel dapat dimana saja sebelum variabel itu digunakan dengan bentuk :

tipevariabel namavariabel;

Untuk memasukkan nilai kedalam variabel digunakan bentuk :

variabel = nilai;
Contoh program : 

#include <iostream.h>  
#include <conio.h>
/*Program yang mengandung pemasukkan nilai pada variabel */
void main()
{
int bilangan;  //Mendefinisikan variabel bilangan bertipe int
bilangan = 10; //Memberikan nilai 10 pada variabel bilangan
clrscr();
cout<<"Isi bilangan = "<<bilangan<<'\n';
bilangan = 50;
cout<<"Isi bilangan = "<<bilangan<<'\n';
getch();
}

Hasil Eksekusi :






Untuk mendeklarasikan konstanta digunakan bentuk :

const tipedata namakonstanta = nilaikonstanta;

 Contoh program :


#include <iostream.h>  
#include <conio.h>
/*Program yang mengandung konstanta */
void main()
{
const float phi = 3.14;  
int jari = 11;
float luas;
clrscr();
luas = phi * jari * jari;
cout<<"Luas lingkaran = "<<luas<<'\n';
getch();

Hasil Eksekusi :

                                                                                                    konstanta


Dalam C++ dikenal adanya pemodifikasian variabel menggunakan unsigned dan signed. Variabel yang ditambahi unsigned akan menyebabkan nilai yang dikandung variabel benilai positif, sedangkan signed tidak menyebabkan perubahan nilai dari data yang dikandung (sama dengan nilai data dasar).
Modifikasi Tipe Data
Persamaan
Jangkauan Nilai
unsigned char
tidak ada
0 s/d 225
unsigned int
unsigned
0 s/d 65.535
unsigned short int
unsigned short
0 s/d 65.535
unsigned long int
unsigned long
0 s/d 4.294.967.295
signed char
char
-128 s/d 127
signed int
int
-32.768 s/d32.767
signed short int
short, signed short
-32.768 s/d32.767
signed long int
long, long int, signed long
-2.147.483.648 s/d 2.147.483.687

Untuk memahami lebih dalam, simak observasi  di bawah ini;





TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN Sobat
Judul: Berkenalan dengan Elemen Dasar Dalam C++
Ditulis oleh Erixon
Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://tekinfotika.blogspot.com/2017/02/berkenalan-dengan-elemen-dasar-dalam-c.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment